Tilik Sedikit Tentang ‘Pulau Surga’ di Belitung

Posted on

Jika dengar Bangka Belitung, mungkin kamu bakal langsung terbayang indahnya pemandangan dari Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Lengkuas, Pulau Babi, atau Tanjung Kelayang. Tapi sebenarnya ada sebuah pulau indah yang terbilang perawan, dengan alam surgawi yang di jamin bakal membuatmu terpesona. Ya, namanya Pulau Memperak.

Terletak di koordinat Utara 2°44.343–Timur 108°25.304 dengan ke dalaman air 0-18, Pulau Memperak punya pasir putih halus yang dipadu dengan birunya air laut. Pantainya yang cantik dibalut untaian pohon-pohon kelapa di pesisirnya. Sebagaimana di wilayah lainnya di Belitung, batu-batu granit besar menambah eksotisme pantai disana. Lebih asyiknya lagi, pulau yang termasuk Kecamatan Manggar, Belitung Timur itu menawarkan keeksotisan dunia bawah laut pada taman terumbu karangnya. Lantaran itulah Pulau Memperak kian mendapat kedatangan dari para diver yang terlebih dahulu mengetahui rahasia surga tersembunyi tersebut.

Dengan air yang bening, perairan di Pulau Memperak memang ideal tuk menyelam. Jarak pandang didalam lautnya kira-kira 15 meter; kamu bisa secara mudah menerawang keeksotisan bawah lautnya yang ditinggali terumbu karang, spons, anemon, serta berbagai ikan seolah-olah hewan laut berwarna-warni lainnya. Tidak cuma diving, kamu pun bisa snorkeling tuk menikmati keindahan itu. Spot snorkeling dan diving ngetop ada di Utara, Timur serta Barat Pulau Memperak. Jangan lupa bawa peralatan snorkeling dan diving sendiri sebab fasilitas masih terbatas. Usahakan pakai booties, sebab ada bulu babi di sela-sela karang disana.

Jika kamu semua hoki, kamu bisa lihat penyu-penyu yang naik menuju daratan tuk bertelur karena setiap bertelur pasti selalu di darat dan menggali pasir. Ini biasanya terjadi ketika musim kemarau. Bila lebih beruntung lagi, kamu bisa lihat tukik dengan kata lain bayi-bayi penyu yang baru saja menetas “berlomba” menuju ke laut dimana mereka bakal tumbuh dewasa. Suatu ketika, bayi penyu yang telah dewasa akan datang lagi ke Pulau Memperak tuk bertelur. Ketika menapakkan kaki di pantainya, kamu pasti merasa ada di pulau pribadi. Ya, sebab pulau ini memang amat sepi dan mungkin wisatawan disana bisa dihitung pakai jari. Hanya ada sebuah bangunan yang dihuni penjaga pulau. Jadi perkirakan kamu bawa perbekalan makanan dan minuman sendiri bila tak ingin kehausan dan kelaparan saat sedang asyik menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.

Rute menuju Pulau Memperak diawali di Ibukota Manggar. Darisana, kamu bisa sewa perahu motor dan tempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam. Sepanjang perjalanan kamu tidak akan pernah merasa bosan. Gimana tidak, air laut yang memiliki warna biru kehijauan dan perbukitan kecil yang tampak di kejauhan sangat memanjakan mata yang menyaksikannya. Semilir angin serta sinar sang surya cerah menjadikan semuanya sempurna. Saat sampai di dekat pulau memperak, perahu motor akan berhenti. Perahu ini belum bisa terlampau mendekati bibir pantai, terlebih lagi dermaga sudah rusak dan tidak bisa dipakai merapat. Jadi, anggap saja kamu nyebur sedikit tuk bermain air. Tapi saat laut sedang surut, perahu musti berhenti agak di tengah-tengah. Tenang saja, pada umumnya di perahu telah disediakan sampan yang bisa digunakan tuk mencapai pantai guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *